REVIEW ANIME: Tate no Yuusha no Narigari(The Rising of the Shield Hero)

 


REVIEW ANIME: Tate no Yuusha no Narigari(The Rising of the Shield Hero)

Sipnosis:

Four Cardinal Heroes merupakan sekelompok pria biasa dari Jepang modern yang dipanggil ke kerajaan Melromarc untuk menjadi penyelamatnya. Berabad abad Melromarc diganggu oleh Gelombang Bencana yang telah berulang kali merusak tanah dan membawa bencana bagi warganya.  Keempat pahlawan masing - masing dianugerahi pedang, tombak, panah dan perisai untuk mengalahkan gelombang yang akan datang.

Namun perlakuan terhadap salah satu pahlawan bernama Naofumi Iwatani jauh dari kata baik. Pahlawan Perisai dianggap tidak berguna, diremehkan, dan diejek oleh sesama pahlawan. Bahkan orang - orang ikut menetertawakan Naofumi karena kemampuan perisai dianggap kurang ofensif dan lemah.

Ketika pahlawan lain diberlakukan layaknya pahlawan sesungguhnya, Naofumi harus bangkit sendirian, salah satu orang yang mau berlatih bersamanya adalah Malty Melromarc. Apa daya Malty hanya ingin menghacurkan Naofumi lebih dalam lagi.

Naofumi sangat terdiskriminasi dan marah kepada orang - orang Melromarc. Ia memulai perjalanan untuk memperkuat diri dan reputasinya. Bersama Raphtalia yang akan membantu Naofumi memulai perjalanannya.

REVIEW

don’t judge a book, when you haven’t finish it yet’.

Siklus pikir seperti itulah yang saya alami setelah menonton anime ini dan membaca reviewnya di beberapa forum. Kenapa? ternyata banyak yang menilai anime ini 'kurang' tanpa membaca Light Novelnya yang merupakan Basic dari anime ini. Cuzz baca reviewnya ya....

·         ALUR CERITA

Di awal cerita saya tidak menduga bahwa akan mendapat Plot Twist yang tajam(kebetulan belum kena spoiler) di anime ini, dimana rasa kepercayaan ternyata bisa tumbang dibawah keegoisan pribadi.

"I see. Joining me was just a ruse to destroy me right here. It was all a lie! The smiles she showed me, and her acts of kindness, were all fake!" ~Naofumi Iwatani

Di anime ini akan diceritakan. Bagaimana cara seorang Pahlawan yang diremehkan oleh pahlawan lain, bahkan satu kerajaan, bangkit dari rasa putus asa, malu, marah, serta betapa sulitnya mengembalikan suatu kepercayaan yang telah hilang, terutama karena teman terdekatmu sendiri.

Alur yang dibawakan tergolong lambat, namun matang. Meski kita bakalan bosan di pertengahan cerita karena konflik sampingan yang dialami MC kurang 'greget'. semua akan terbalaskan setelah arc kedua di anime ini datang(bukan season ya maksudnya).

Waktu melihat nasib MC di anime ini, saya jadi teringat pada Anime Naruto. dimana MC hanya dianggap tak lebih dari sekedar 'sampah'. Bahkan sampai dikhianati oleh kerajaan yang meminta bantuannya sendiri dan rekan pahlawan lainnya.

Namun yang bikin anime ini seru adalah arc dimana MC berjuang untuk bangkit dan berjuang untuk melawan ketidakadilan yang menimpanya dan teman temannya. Meski beberapa kali hampir putus asa, teman2 MC yang dia selamatkan di perjalanan tetap setia mendampingi MC meski nyawa mereka taruhannya

"I have to grow stronger… along with the people who believe in me, And I’ll protect them, come what may" -Nafumi Iwatani

Di anime ini juga mengajarkan betapa tingginya Loyalitas seorang budak, yang diperlakukan lebih dari seorang teman oleh tuannya. Dimana rasa belas kasih dapat mengalahkan kebencian.

Oh iya, yang bikin seru juga itu ketika Shield yang dianggap lemah dan hanya digunakan untuk bertahan. Ternyata menyimpan sebuah kutukan dan kekuatan yang besar, begitu juga konsekuensi bagi pemakainya.

·         CHARACTER DEVELOMENT

Pengembangan Main Character dikembangkan dengan baik. Meski saya belum puas dengan kekuatan MC, namun overall pengembangan sikap MC yang ditampilkan sudah cukup baik.

Yang rada bikin emosi itu beberapa Character yang terlalu bodoh, egois, dan mudah diperdaya( 3 pahlawan tentunya, beban doang) Namun masih ada beberapa support Character yang saya suka

Rapthalia contonhya. Di anime memang dijelaskan masa lalu Rapthalia yang kelam. Meski tidak terlalu jelas penjelasannya, cukup untuk memberi gambaran kepada penonton bahwa kadang manusia dapat terjebak pada masa lalunya.

“I know you better than anyone else in this world. I know how kind you are. So even if the whole world speaks ill of you, I’ll tell them they’re wrong. I’ll tell them again and again that you’re a wonderful person. You’re the one who saved my life, gave me a sword, and showed me my purpose in life. I am your sword. I will follow you through fire and brimstone.” Raphtalia

Tokoh Villain di anime ini memang kurang dijelaskan asal usulnya. Tapi jangan salah, ini anime masih On Going. jadi masih ada waktu buat menjelaskan latar belakang para Villain.

Yang bikin kurang puas, yaitu kurangnya Chara laki2 yang kekuatannya setara dengan MC. Pernah sekali dibuat Chara yang setara dengan MC, namun malah ditempatkan sebagai Villain sementara(kenapa sementara? karena masih On Going, jadi kita bakalan ga bisa nebak apa yang terjadi dengan Chara tersebut.

·         VISUAL/GRAFIS

Visual dan grafis dalam anime ini saya akui bagus. Menjadi nilai plus tersendiri dalam anime ini. Menambah feel dalam setiap battle scenenya....

Satu hal yang sejak awal penayangan anime ini tetap konsisten adalah penggunan 3DCG yang terasa natural dan dapat menyatu dengan baik dengan gambar 2D, mulai dari Filo dalam model 3D yang menarik gerobak Naofumi sampai adegan pertarungan dengan monster dinosaurus

·         SOUNDTRACK(SCORE, OPENING, ENDING)

Lagi2 menjadi nilai plus tersendiri buat anime ini. Openingnya ajib semua... apalagi opening pertama yang berjudul Rise yang dibawakan oleh grup band MADKID.

Lirik dalam openingnya pun nyambung dengan apa yang dirasakan Main Character. Lagu endingnya juga enak buat didengar

Yang bikin lucu itu scoringnya yang kadang nadanya jadi seperti komedi. apalagi waktu 3 pahlawan lain muncul. kemungkinan bia ga terlalu tegan suasananya.Mengingat, perlakuan mereka kepada MC yang bikin kesel sendiri. namun masih bisa dinikmati kok...

ENDING REVIEW

Thanks buat teman2 yang sudah mau baca sampai akhir. thanks juga buat web berikut yang jadi bahan buat nulis review ini

*Quote dan beberapa part awal:

 https://www.kaorinusantara.or.id/newsline/131924/ulasan-anime-tate-no-yuusha-no-nariagari-harus-nonton-sampai-selesai

Sipnosis:

https://www.infokuy.net/2020/06/sinopsis-tate-no-yuusha-no-nariagari.html#:~:text=Four%20Cardinal%20Heroes%20merupakan%20sekelompok,dan%20membawa%20bencana%20bagi%20warganya.

Bakalan ada Season 2 kok. sampai season 3 malahan. Kemungkinan Rilis 2021. Namun Pihak studio belum memberikan informasi pasti tentang tanggal rilisnya

Posting Komentar

1 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)